04 September 2012
343 comments

Cara Bersyukur kepada Allah

Selasa, September 04, 2012
Begitu banyak manusia menerima kenikmatan dari Allah sehingga manusia tidak akan pernah mampu menghitungnya. Salah satunya adalah udara yang selalu kita hirup, sepanjang hidup kita hingga detik ini. Gratis pula. Seberapa banyak udara yang telah kita nikmati, tentu kita tak sanggup menghitungnya.

Selain itu, kita juga menikmati penerangan yang didapatkan dari sinar matahari sejak pagi hingga petang. Ini diberikan oleh Allah tanpa mengenai harga sepeser pun kepada manusia. Untuk itu sudah sepatutnya kita bersyukur kepada-Nya. Ada 3 cara manusia untuk bersyukur kepada Allah, yaitu:

1. Bersyukur dengan hati
Syukur dengan hati berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala nikmat yang diperoleh merupakan karunia Allah. Segala nikmat yang dirasakan manusia berasal dari Dzat yang Mahapemurah. Kesadaran dan keyakinan akan hal itu akan membuat hati menjadi tenang.

Tidak ada rasa kuatir atau takut kehilangan nikmat yang telah diperoleh, karena kita meyakini bahwa itu adalah pemberian Allah. Jadi Allah pun berhak mengambil kembali semuanya jika Dia menghendaki.

2. Bersyukur dengan lisan
Salah satu manifestasi bersyukur dengan lisan adalah banyak memuji Allah atas karunia yang diberikan. Paling tidak, dengan banyak mengucapkan Alhamdulillah atas kenikmatan yang telah dirasakan.

3. Bersyukur dengan perbuatan
Bersyukur dengan perbuatan adalah mempergunakan segala nikmat yang dikaruniakan menurut kehendak Allah yang telah memberikan nikmat itu. Artinya, nikmat tersebut harus digunakan untuk melaksanakan perintah Allah, dan berbuat kebajikan yang memberikan manfaat bagi orang lain. Ketika dikaruniai harta kekayaan, misalnya, maka bayarkan zakatnya dan lengkapi dengan infak dan shodaqoh untuk membantu orang lain di sekitar kita yang membutuhkan.

Singkat kata, segala macam yang dikaruniakan oleh Allah kepada kita harus digunakan di jalan Allah dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat.


Sumber: Yatim Mandiri


343 comments:

  1. artikelnya sangatt bagusss....syukuri apa yang ada..

    BalasHapus
  2. semoga kita bisa menjadi manusia yang bisa selalu bersyukur.

    BalasHapus
  3. bagus sekaliiii,, memang spatutnya kita sebagai ciptaanya hrus mnsykuri apa yg telah dikaruniakan..

    BalasHapus
  4. Postingan yg sngat mnarik,,,Alhamdulillah.. :D

    BalasHapus
  5. mntaati sgla printahnya dan mnjauhi lrngannya mrupakan salah satu cra kita brsykur kpdanya.... :)

    BalasHapus
  6. cara bersyukur itu banyak sekali...
    yang penting inti nya kita benar-benar harus berterimakasih kepada ALLAH SWT.

    BalasHapus
  7. Kalo mnrut saya mmiliki sifat ikhlas adlh cri" org yg brsykur.. :))

    BalasHapus
  8. bertakwa kepada Allah SWT juga termasuk bersyukur..

    BalasHapus
  9. terimakasih atas informasinya!!!salam kenal dan semoga sukses...
    semoga kita termasuk orang-orang yang beriman.

    BalasHapus
  10. tuhan jadikan hamba mu ini sebagai orang orang yang bersyukur
    amin ...
    terimakasih gan atas tipsnya
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  11. bersyukur dengan hati, lisan dan perbuatan itu sangat bagus...

    BalasHapus
  12. artikel yang bagus..
    semoga bisa menyadarkan orang banyak untuk menjadi orang yang selalu bisa bersyukur.

    BalasHapus
  13. Syukur adalah suatu bentuk ibadah, dan harganya sangat murah

    BalasHapus
  14. bersyukurlah dengan caranya masing2...

    BalasHapus
  15. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  16. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    BalasHapus
  17. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  18. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  19. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  21. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  22. Jadi ingat lagunya d'masiv, syukuri apa adanya, hidup adalah anugerah..

    BalasHapus
  23. kita memang senantiasa harus selalu bersyukur

    BalasHapus
  24. syukuri nikmat jangan kufuri nikmat :)

    BalasHapus
  25. Infonya sungguh bagus, saya terinspirasi sekali oleh artikel anda...

    BalasHapus
  26. thanks bnget ya buat infonya !

    BalasHapus
  27. memang banyak cara kalau kita mau bersyukur kepada Tuhan bahkan dengan melakukan perintahNya kita pun juga bisa bersyukur kepadaNya

    BalasHapus
  28. bagus, perbanyak postingan yang positif agar bangsa kita menjadi bangsa yang pandai bersyukur.

    BalasHapus
  29. Iya gan kalau kita selalu merasa bersyukur pasti kita akan selalu merasa puas...:)


    Ijin nitip website gan, mohon kunjungannya :)
    Management Consultant

    BalasHapus
  30. yang pada komen semoga udah pandai bersyukur,

    BalasHapus
  31. orang yang paling kaya adalah orang yang paling banyak bersyukur.

    BalasHapus
  32. Terkadang manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang dia dapat, boro-boro mau mengucapkan rasa syukur,.,
    Selalu saja merasa kurang apa yang dia punya_
    mensyukuri apa yang ada akan terasa bahagia.

    BalasHapus
  33. semoag aq senantiasa menjadi orang yg slalu bersyukur
    amin

    BalasHapus
  34. artikel yang bagus...
    kunjung balik ya!

    BalasHapus
  35. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  36. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  37. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  38. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  39. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  40. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  41. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  42. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  43. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  44. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  45. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  46. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  47. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  48. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  49. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  50. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  51. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  52. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  53. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  54. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  55. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  56. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  57. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  58. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  59. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  60. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  61. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  62. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  63. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  64. alhamdulillah saja itu sudah cara bersyukur yang mulia untuk Alloh ..

    BalasHapus
  65. bersyukur itu kunci awal kesuksesan...
    salam kenal dan semoga sukses!

    BalasHapus
  66. saya sangat senang berkunjung ke web ini banyak ilmu dan motivasi yang saya dafatkan

    BalasHapus
  67. gan pinter banget bikin dostingan yang bermanfaat saya acungin 2 jempol

    BalasHapus
  68. setiap kata dan paragraf dalam tulisan ini betul betul sempurna dan banyak memberikan saya motivasi dan pelajaran

    BalasHapus
  69. saya ingin sekali kenal dengan agan... kalo blogger semuanya kaya agan pasti saya yankin dunia bloger makin maju dan bermanfaat

    BalasHapus
  70. Bersyukur dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan Allah SWT

    BalasHapus
  71. Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas semua nikmat yang diberikan kepada kita

    BalasHapus
  72. Semakin kita bersyukur semakin Allah akan menambahkan nikmat yang diberikan kepada kita, jadilah hamba yang pandai mensyukuri nikmat

    BalasHapus
  73. artikelnya menyentuh banget, jd terharu membacanya juga...

    BalasHapus
  74. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  75. izin nyimak ajach deh, alnya bingun mo posting apha

    BalasHapus
  76. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  77. izin nyimak ajach deh, alnya bingun mo posting apha

    BalasHapus
  78. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  79. izin nyimak ajach deh, alnya bingun mo posting apha

    BalasHapus
  80. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  81. indahnya mensyukuri nikmat yg telah diberikan oleh ALLAH SWT...

    BalasHapus
  82. kita harus banyak bersyukur ats pemberian alloh swt

    BalasHapus
  83. terkadang kita tidak mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup.

    BalasHapus
  84. jadi inget lirik d'massiv : syukuri apa yang ada. jadi jangan kufur nikmat :)

    BalasHapus
  85. makasih y atas infomrasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  86. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  87. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  88. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  89. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  90. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  91. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  92. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  93. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  94. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  95. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  96. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  97. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  98. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  99. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  100. izin nyimak z deh, soalnya bingung mo posting apha

    BalasHapus
  101. makasih y atas informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  102. yah memang kita jangan hanya ngejalanin bersyukur lewat lisan akan tetapi perbuatan juga, gan artikelnya sangat bagus terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali.......!

    BalasHapus
  103. berbagi kata kata motivasi gan
    Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.
    salam kenal, sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    BalasHapus
  104. siipp mmng bnar kita prlu brsykur.......

    BalasHapus
  105. setujuu,,,ayo kita bersyukur,,karena dengan begitu akan terasa semuanya sempurna..

    BalasHapus
  106. kalo kena musibah aja kita sama Alloh, giliran kita dapet nikmat apa kita suka bersyukur ? hanya hati kita yang tau. thanks ya gan nice article :)

    BalasHapus

  107. Inilah aku..
    Menapak tilas hidup ini yang penuh dengan qalbu
    meneruskan keadaan
    memperbaiki keadaan....
    SALAM SUKES BLOGGER INDONESIA...

    BalasHapus
  108. memang seharus nya setiap manusia mensyukuri apa yang telah di berikan sekecil apapun itu... karena di jaman sekarang sudah banyak orang yang tidak mensyukuri pemberianya..

    BalasHapus
  109. bersyukur kepada Alaah yaitu dengan cukup menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala yang dilarangnya

    BalasHapus
  110. terima kasih banyak atas informasinya

    semoga aku dapat melaksanakanya

    BalasHapus
  111. insaAllah ketiga rasa syukur tersebut sudah pernah saya lakukan.......terimakasih gan atas informasinya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  112. kita harus banyak2 bersyukur kepada Alloh SWT yang telah menciptakan kita semua...karenanya kita saat ini masih bisa hidup dan di beri kenikmatan...

    BalasHapus
  113. Dengan bersyukur, Allah Swt pasti akan menambahkan nikmatNya kepada kita..

    BalasHapus
  114. terimakasih telah berbagi infonya gan, semoga blog ini tetap abadi sampai akhir nanti dan selalu jadi kebanggaan blogger2 di dunia

    BalasHapus
  115. ayo kita bersyukur,,karena dengan begitu akan terasa semuanya sempurna, dengan bersyukur juga nikmat yang diberikan Alloh akan di tambah

    BalasHapus
  116. harus banyak2 bersyukur kepada Alloh SWT yang telah menciptakan kita semua

    BalasHapus
  117. terimakasih gann atas infonya..........

    BalasHapus
  118. terimakasih gan artikel nya,layak untuk di simak & menarik....

    BalasHapus
  119. saya gan merupakan orang yang susah untuk bersyukur .. terimakasih banyak gan sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  120. seperti itu ya gan .. intinya kita harus bisa menerima apa adanya dari pemberian tuhan

    BalasHapus
  121. iya betul sekali, memang kita ini harus bersyukur kepada yang maha kuasa atas semua yang telah diberikan kepada kita.

    BalasHapus
  122. salkomsel terima ksih artikelnya bermanfaat..

    BalasHapus
  123. yupzzz betul kita tuh harus selalu bersyukur dengan apa yang kita punya...

    BalasHapus
  124. sbagai orang yang awam memang terkadang kita terlupa akan caranya bersyukur ..

    BalasHapus
  125. terima kasih untuk artikelnya ..semoga dengan ini kita dapat merubah pola pikir dan sikap kita dalam mensyukuri nikmatnya ..

    BalasHapus
  126. habiskan waktumu untuk bersyukur kawan kawan sampai tidak ada lagi waktu untuk mengeluh, subhanaalah

    BalasHapus
  127. Dengan bersyukur kita akan diberi kelapangan rejeki.

    BalasHapus
  128. bersyukur juga membuat hati tenang

    BalasHapus
  129. informasi yang sangat luar biasa. disajikan dengan sederhana namun begitu besar manfaat yang terkandung di dalamnya

    BalasHapus
  130. Sejauh mana anda menyebarkan kebaikan, maka sejauh itulah allah swt memberikan pahala

    BalasHapus
  131. Satu lagi, bersyukur dalam keadaan apa pun (susah maupun senang) kapan saja dan di mana saja..

    BalasHapus
  132. dengan bersyukur kita bisa memaknai kehidupan

    BalasHapus
  133. kita sering lupa bersyukur dengan apa yg kita dapatkan. Oleh karena itu bersyukur salah satu sikap yg perlu dilakukan dan bahkan di biasakan

    BalasHapus
  134. Apabila cinta Tuhan telah membara direlung hatimu, pastilah Dia telah mencintaimu.
    Tiada suara tepukan terdengar hanya dari sebelah tangan.
    Hikmah Tuhan dalam takdir dan hukum yang menjadikan kita saling mencinta.
    SALAM HANGAT BUAT BLOGGER INDONESIA...

    BalasHapus
  135. Indonesia Menangis
    bahkan tercabik
    dengan hebatnya penguasanya korupsi
    tak peduli rakyatnya mengemis

    MAJU TERUS BLOGGER TANAH AIR

    BalasHapus
  136. ane bersyukur bisa nemuin ni blog, semoga pemilik blog ini masuk surga amin amin

    BalasHapus
  137. memang sudah sepantasnya dan seharusnyalah seorang hamba bersyukur dan terus taat pada tuhannya, karena itu adalah kebutuhan dari kita...salam kenal n sukses selalu.thanks

    BalasHapus
  138. makasi sob, artikel bagus untuk nambah wawasan ane.

    BalasHapus
  139. Ya betul gan, kita harus selalu bersyukur.

    BalasHapus
  140. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  141. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top