Posted by : Edwin Prasetio 17 Maret 2012

Bagi rekan-rekan yang aktifitasnya berhubungan dengan ekspor-impor, UCPDC tentu merupakan barang wajib yang harus dipahami. Ini karena UCPDC adalah referensi, acuan ketentuan, dan ‘kiblat’ bagi transaksi perdagangan internasional yang menggunakan L/C sebagai instrumen pembayarannya.

UCPDC sendiri adalah kependekan dari “Uniform Customs and Practices for Documentary Credit”. Ia merupakan seperangkat kebiasaan dan praktik dalam perdagangan internasional yang dijadikan baku oleh International Chamber of Commerce (ICC). Setelah menjadi produk formal, UCPDC bahkan menjadi KETENTUAN (RULES) yang mengikat semua pihak yang terlibat dalam L/C, kecuali jika L/C menyatakan dengan tegas bahwa L/C tidak mengacu kepada UCPDC.

Seperti apakah gambaran yang lebih mendalam tentang UCPDC? Silakan lihat di pembahasan tentang UCPDC sebagai ‘Kiblat’ Transaksi dengan Letter of Credit dan UCPDC 600 “Manjakan” Eksportir.

Bagaimanapun, ternyata tidak gampang memperoleh salinan UCPDC 600 Revisi tahun 2007 sebagai versi terbaru, khususnya yang berupa format bilingual (bahasa Inggris dan Indonesia). Tapi jangan kuatir, anda bisa mendapatkannya di sini, gratis. Silakan download di sini.

Semoga bermanfaat... :)


.

141 Responses so far.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Edwin's Blog - Template: Metrominimalist | Jasa Adwords - Powered by: Blogger - Designed by: Johanes Djogan

Ahli SEO | Rental Mobil Semarang | Konsultan SEO