24 Februari 2012
269 comments

Musim Hujan, Waspadai Anak Sakit

Jumat, Februari 24, 2012
Bagi yang sudah memiliki anak, salah satu hal yang paling tidak mengenakkan adalah kala menjumpai sang buah hati sedang sakit. Terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Tanpa mengesampingkan risiko sakit juga bisa terjadi pada orang dewasa, fokus perlu lebih diberikan kepada anak. Ini karena anak, terlebih yang masih balita, belum bisa diajak berkomunikasi secara maksimal agar tidak jatuh sakit.

Sekarang ini saya sedang mengalami kejadian seperti itu. Baitar, anak kedua saya, sedang dirawat di rumah sakit karena terserang typhus. Tentu tak sampai hati melihat bocah yang masih berusia 1,5 tahun itu sudah harus terkena typhus. Belum lagi harus menerima suntikan tiga kali sehari, setelah minum obat.

Bagaimanapun, saya merasa lebih baik Baitar dirawat di rumah sakit daripada di rumah. Di rumah sakit, dia bisa mendapat perawatan intensif dan istirahat dengan lebih tenang, dibandingkan dengan kalau harus dirawat oleh pembantu saya di rumah. Belum lagi kalau terganggu oleh berisiknya Rasha, sang kakak :)

Apa yang dialami Baitar bukanlah yang satu-satunya. Saya merasa perlu untuk sharing ini ke teman-teman karena saat ini banyak sekali penyakit yang menyerang anak-anak. Tak usah jauh-jauh, di lingkungan kerja dan tempat tinggal saya, banyak anak yang ‘kompak’ jatuh sakit. Jadi, saya perlu mengingatkan teman-teman yang sudah memiliki anak agar selalu memantau kesehatan anaknya agar tidak jatuh sakit. Ini musim hujan, banyak sekali virus, bakteri, dan kuman bertebaran. Tiga tahun lalu, di bulan yang sama dengan sekarang ini, anak sulung saya juga terserang muntaber, dan harus dirawat di rumah sakit juga.

Untuk itu, tak ada salahnya saya sharing tentang tips menghindari penyakit saat musim hujan. Ini saya sarikan dari beberapa sumber:

Cuci tangan
Sebagian virus menyebar lewat kontak langsung. Perlu untuk mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun.

Hindari menyentuh muka
Virus biasanya masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian muka.

Konsumsi makanan yang mengandung phytochemical
Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayuran segar berwarna hijau, merah, dan kuning gelap.

Minum banyak air putih
Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Usahakan banyak minum air putih, selain mudah dan murah, juga menyehatkan.

Juga, jangan remehkan muntah dan diare. Saat musim hujan, selokan yang tersumbat biasanya meluap dan turut membawa parasit, cacing, dan amuba. Untuk itu mari kita membiasakan untuk menjaga kebersihan, dengan mencuci tangan dan kaki setelah berpergian, mengenakan alas kaki agar mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk melalui kulit, dan juga menghindari membeli makanan di sembarang tempat.

Demikian sharing saya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu...


.

269 comments:

  1. bener tuh gan musim hujan memang mudah terkena penyakit ,kita harus waspada? thanks sob.

    BalasHapus
  2. semoga cepat sembuh ya mas anaknya
    iya sekarang memang lagi musim sakit, keponakanku jg lg pada sakit flu

    BalasHapus
  3. Nambahin nih mas, minum vitamin C dan sejenisnya secara rutin mungkin juga bisa mencegah sakit musim hujan...
    Semoga buah hatinya cepat sembuh ya mas..!

    BalasHapus
  4. mana yang lebih baik?
    pemberian suplement makanan atau meningkatkan vitalitas dgn berolahraga?

    BalasHapus
  5. yaa ..
    untuk urusan anak saya memang sering memberi perhatian lebih terutama di cuaca hujan seperti ini....

    BalasHapus
  6. secara tidak langsung saya juga terpikir masalah hujan kenapa bisa menimbulkan penyakit???salah satunya faktor cuaca kali ya!!!terimakasi buat infonya,salam hidup sehat...

    BalasHapus
  7. Semoga cpat sembuh yach...
    Makasih bnyak sharenya...!!

    BalasHapus
  8. Terima kasih informasinya mas.

    BalasHapus
  9. penyakit bisa menular kepada siapa saja....
    dan dengan jalan apa aja....

    BalasHapus
  10. mencegah lebih baik daripada mengobati.....

    BalasHapus
  11. hemmh,,benar sekali gan, bahkan saya pun sekarng lagi terkena dampak musim hujan,,sakit panas dan pilekk,ukhh,,
    semoga anak tercintanya bisa cepet sembuh ya,,

    BalasHapus
  12. musim hujan buat hidungku mampet...
    orang dewasa aja gamapng turun kesehatannya, apa lagi anak kecil. so, buat para orang tua keep ur children ya...

    BalasHapus
  13. ijin nyimak gan
    makasih ya buat infonya

    BalasHapus
  14. makasih banyak ya gan buat infonya...

    BalasHapus
  15. mantabs gan informasinya sangat bermanfaat sekali, terimakasih atas semua tips dan infonya salam kenal dan terimakasih

    BalasHapus
  16. hello is my first time to visiting here :D
    wow your blog so nice and beautiful, with that greats articles. i hope in this time we can make a friendship to see all the time if a new post articles.

    BalasHapus
  17. ya musim hujan memang rentan anak sakit, waspadalah waspadalah =))

    BalasHapus
  18. wah infonya bagus sekali gan, tipsnya saya akan ikuti supaya anak-anak tidak sakit. terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  19. memang sudah menjadi keharusan memberikan penaanganan lebih kepada anak kita di cuaca yang lagi ekstream seperti saat ini

    BalasHapus
  20. perkembangan penyakit dimusim hujan memang penyebab utama banyak orang yang terserang penyakit .. untuk itu perlu waspada saat musim hujan tiba ..

    BalasHapus
  21. siap2 pergantian musim untuk berjaga2 dari seranan penyakit ...
    siptt ..siptt..siptt//

    BalasHapus
  22. banyakk penyakit seperti DBD, FLU, batukk dimusim hujan ,, huhu ,.. penyebaran kuman yang tersebar lewat aliran air hujan juga juga menjadi salah satu penyebabnya ,, untuk itu jaga kesehatan ..

    BalasHapus
  23. marii jaga diri dan kesehatan kita bersama dengan cara menjaga kebersihan lingkungan ,,

    BalasHapus
  24. budayakan hidup sehat !!
    sedia payung sebelum hujan ...

    BalasHapus
  25. ok gan... mari kita jaga anak kita biar gak sakit

    BalasHapus
  26. oke juga tips nya , bener juga nih .
    makasih ya buat sharenya

    BalasHapus
  27. kita semua harus waspada pada anak" supaya terjaga dari berbagai penyakit.
    waspada lah

    waspada lah

    waspada laaaaaaahhhhhhh.................

    BalasHapus
  28. Mencegah memang sangat lebih baik daripada mengobati.. :)


    portal berita pendidikan CollegerRadio

    BalasHapus
  29. ya gak tau kenapa musim hujan penyakit malah bermunculan,terimakasih buat informasina!!!salam sehat...

    BalasHapus
  30. banyakk penyakit seperti DBD, FLU, batukk dimusim hujan ,, huhu ,.. penyebaran kuman tersebar lewat aliran air hujan juga juga menjadi salah satu penyebabnya ,, bila itu jaga kesehatan ..

    BalasHapus
  31. mencegah itu lebih baik daripada mengobati,salam kenal!!!saya juga lebih hati-hati saja menjaga kesehatan di musim hujan...

    BalasHapus
  32. bae bae dah jaga anak . .. harus ekstra 100% yang kita berikan demi si buah hati . .

    BalasHapus
  33. jangan kan buat anak" buat diri pribadi kita juga harus di jaga, iya gan sekarang harus waspada hujan lebat
    angin kencang, thanks buat info nya. salam kenal

    BalasHapus
  34. Kalo udah sakit repot bener dah pastinya, anak kecil kan rewel banget..

    BalasHapus
  35. semoga kita terhindar dari macam penyakit gan?

    BalasHapus
  36. jika lebih menjaga kebersihan pada saat musim hujan mungkin tidak akan terkena penyakit.

    BalasHapus
  37. Info yang sangat bergunma untuk saya yang belum mempunyai anak.

    BalasHapus
  38. Terkadang yang namanya anak-anak susah diatur, kita yang harus bekerja keras melindunginya :)

    BalasHapus
  39. hujan itu memang hal bikin kita meriang dan bersin bersin,, harus selalu memperhatikan anak2 agar tidak sampai bermain dengan hujan

    BalasHapus
  40. saya juga sering juga sakit disa'at musim juhan,sakit yang banyak dirasa maayarakat adalah filek... salam kenal!!!semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu semunya.

    BalasHapus
  41. betul banget gan ..banyak yang merasakan dikala musim hujan sangat rawan sekali terhadap penyakit.

    BalasHapus
  42. cuaca sekarang memang tidak menentu, rentan sekali terkena penyakit terutama anak2

    BalasHapus
  43. Terkadang namanya anak-anak susah diatur, kita harus bekerja keras melindunginya

    BalasHapus
  44. info yang mengingatka kita akan kebersihan lingkungan.thanks gan?

    BalasHapus
  45. banyak makan buah dan sayuran, soalnya 2 sumber makanan ini yang secara alami mengandung vitamin dan mineral yang aman.. :)
    kalo tips dari aku cuma satu: makan yang banyak dan bergizi, pasti cepert sembuh.. :)

    salam dari Anisa Herbal

    BalasHapus
  46. Para orang tua jangan terlalu sibuk dengan urusannya ya, sampe lupa dengan kesehatan anak...

    BalasHapus
  47. I am fond of good articles and blogs over net as I love to read good topics and collect good information over net.

    BalasHapus
  48. kunjungan ke2 kalinya nih . . .
    di tunggu yah postingan barunya . .

    BalasHapus
  49. sering juga saya melihat orang yang sakit dimusim hujan,salam kenal... semoga informasi ini bisa membantu.

    BalasHapus
  50. memang perlu lebih waspada terhadap anak kalo sedang musim hujan...
    agar tidak terserang sakit.

    BalasHapus
  51. tips yang bagus nih..
    thanks yah gan.

    BalasHapus
  52. musim hujan memang bisa lebih mudah membuat anak-anak kita menjadi sakit..
    jadi kita harus memiliki tips tersendiri untuk menangani nya.

    BalasHapus
  53. yang paling penting itu menjaga kebersihan...
    dengan begitu tidak akan ada virus yang bisa mendekat.

    BalasHapus
  54. kenapa musim hujan selalu diramekan dengan penyakit???saya heran,,, salam kenal dan terimakasih buat informsinya!!!

    BalasHapus
  55. ya ,, sedia payung sebelum hujan ,, jaga anak sebaik baik mungkin ,, dia adalah masa depan kita yang harus di jaga sebaik mungkin .
    kita sebagai orang tua ny apatut dan wajib menjaga anak , mendidik anak smapai dia sukses ,,
    salam sukses ..

    BalasHapus
  56. anak anak adalah salah satu buah hati kita yang harus di jaga , karna anak adalah generasi kita yang harus di teladani ha ha ha ,,
    maaf sedikit ceramah

    BalasHapus
  57. waspada waspada lah .. karna anak adalah segalanya ..
    jaga dia sebaik baik mungkin ,
    anak perlu didikan yang baik untuk tunmbuh dengan baik juga ..
    terimakasih ini sangat lucu banget postingan nya
    i like it

    BalasHapus
  58. asupan vit c lebih tinggi lagi :)

    BalasHapus
  59. jadii sebuah hal yang paling di takuti oleh kaum ibu bila si kecil jatuh sakiat !!

    BalasHapus
  60. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  61. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  62. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  63. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  64. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  65. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  66. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  67. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  68. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  69. terima kasih atas tipsnya berguna banget.
    boleh diterapin terutama untuk anak-anak.

    BalasHapus
  70. heeemm untuk urusan si buah hati memang harus dengan porsi yang spesial . .

    BalasHapus
  71. thanx gan infonya !! memang hujan kadang membawa flu

    BalasHapus
  72. kebiasaan tuh saya sering menyentuh muka seenaknya aja,,padahal tanpa kita ketahui ada banyak kuman atu virus menempel..thanks sekali buat tips nya sekarng anak nya udah sembuh gan?

    BalasHapus
  73. saya juga lagi sakit batuk-batuk,kenapa setiap musim hujan saya sering sakit???semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu...

    BalasHapus
  74. Saya blom punya anak masbro...hehehehe

    BalasHapus
  75. alhamdulillah si baitar dah sembuh ya.... thx infonya..... jadi kangen sama gedangan nich...salam sama eeng dan nenek (jember)

    BalasHapus
  76. saya juga langsung coba minumbanyak air putih saja,terimakasih atas informasinya!!!salam hidup sehat...

    BalasHapus
  77. jangan lupa juga nichh minun xamthone plus buat ningkatin kekebalan tubuh

    BalasHapus
  78. Bagi yang belum punya anak, waspada saja terhadap kesehatan diri sendir yang kadang terpengaruh cuaca kaya saya ini,hehe
    :D

    BalasHapus
  79. kalo hujan gampang pilek biasanya anak

    BalasHapus
  80. yang harus diwaspadai itu bukan anak, tapi keuangan kita gan,,,,

    BalasHapus
  81. anak2 kalaw ada perubahan cuaca pasti tmudah terkena efek dampaknya,karena kekebalan tubuhnya masih rentan terhadap penyakit.jadi kita sebai orang tua tetap waspada....mencegah lebih baik dari pada mengobati. thanks gan share'nya..

    BalasHapus
  82. weh, menarik membaca cerita seorang bapak..
    nice share mas..

    BalasHapus
  83. jangan kan buat anak" buat kita semua harus waspada di musim hujan ini. thanks gan salam kenal.

    BalasHapus
  84. oke juga nie sangat bagus arikel nya dan sangat menarik,,,,,

    BalasHapus
  85. Lebih menjengkelkan lagi karena anak malah suka bermain hujan hujan

    BalasHapus
  86. musim hujan begini anak-anak malah sulit banget di kasi tahu, jadi pusing jika masuk ingin, pilek batuk.

    BalasHapus
  87. sangat bermanfaat gan infonya ... :)

    BalasHapus
  88. terima kasih atas infonya.memang benar sekali di saat musim hujan,kita harus jaga kondisi badan dan jaga kesehatan kita.

    BalasHapus
  89. heheee gan anak anak mah malah hobinya g pake sepatu, baju celana alias telanjang kalo lagi hujan

    BalasHapus
  90. yup betul gan kalo hujan harus pake sepatu biar kakinya g korengan :p

    BalasHapus
  91. musim hujan emg tidak bisa kita prediksi...tp untuk berjaga-jaga sich sangat dianjurkan....

    BalasHapus
  92. seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan..:)

    BalasHapus
  93. banyak DBD juga pastinya gan

    BalasHapus
  94. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

    BalasHapus
  95. semoga putra atw putri aga cepat sembuh ya dari sakitnya..

    BalasHapus
  96. artikelnya oke banget nih
    keren gan..

    BalasHapus
  97. boleh juga saya coba tipsnya jika musim hujan nanti

    BalasHapus
  98. apa bisa kita mewaspadai anak anak ?
    sedangkan nakal ??

    BalasHapus
  99. info nya yang sangat bagus nie gan,,,,

    BalasHapus
  100. ya nih, akhir akhir ini cuaca emang lg ga bersahabat, bisa sakit klo tubuh ga kebal

    BalasHapus
  101. jgnkn anak,, org dewasa aja bisa trkena.info nya bgus bgt gan,, thanks ya..

    BalasHapus
  102. informasinya menarik gan,,, thanks sudah berbagi.

    Kata Motivasi, Kata Gombal, Kata Motivasi Kehidupan, Nexian Android

    ditunggu kunjungan baliknya gan....

    BalasHapus
  103. info yang bagus nih buat org yg pnya anak atau yg punya adik kcil..
    manteb gan...

    BalasHapus
  104. bagi yang punya anak kecil memang harus lebih berhati - hati.

    BalasHapus
  105. bagus gan tipsnya. memang musim hujam berbahaya buat anak kecil

    BalasHapus
  106. enak ujan-ujanan itu tapi anak2 jangan kelamaan ntar sakit...

    BalasHapus
  107. makasih gan tifs nya, semoga bsa bermanfaat amiiin . . .

    BalasHapus
  108. tips nya bagus, makasih yaa infonya.

    BalasHapus
  109. Menjaga kesehatan anak memang penting.. apalagi di situasi pancaroba/peralihan musim seperti saat ini..

    BalasHapus
  110. Benar bro di musim penghujan ini rentan terhadap timbulnya penyakit terutama untuk anak-anak. ya mesti selalu jaga kebersihan lingkungan disekitar kita. terima kasih infonya.

    BalasHapus
  111. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  112. Memang benar Mas Edwin, dikala musim hujan tiba penyakit lebih mudah datang menyerang..Semoga daya tahan tubuh Baitar jadi lebih kuat dan tangguh...

    BalasHapus
  113. Wahhh makasih infonya Brow,,organ Mata, mulut khususnya wajah sebaiknya seringkali di basuh

    BalasHapus
  114. Musim Hujan memang gampang untuk terserang penyakit .. untuk itu kita harus waspadai terutama pada anak kita..

    BalasHapus
  115. yaa itulah musim hujan..
    kita aja yang udah dewasa suka sakit kalo keujanan terus menerus ,apalagi Anak2....
    thanks info nya...

    BalasHapus
  116. sukses aja juragan jaga kesehatan yah

    BalasHapus
  117. sepato boot aman disaat kondisi hujan :)

    BalasHapus
  118. waspada musim hujan bagi anak anda .

    BalasHapus
  119. okd thx bgd info'a...
    ayo cegah penyakit yg bisa datang menyerang kita kapan sja,,,,

    BalasHapus
  120. tips yang sangat bagus.. mkasiih ya

    BalasHapus
  121. semoga anak nya cepet sembuh ya..

    dan buat yang laiinya jga selalu kesehatan anda, n buah hati anda tentunya ..

    BalasHapus
  122. ya musim hujan memang rentan anak sakit gan,

    BalasHapus
  123. Semoga cpat sembuh yach...
    Makasih bnyak sharenya...!!

    terimakasihhhh

    BalasHapus
  124. bener banget gan kalau hujan banyak penyakit

    BalasHapus
  125. musim hujan memang bisa lebih mudah membuat anak-anak kita menjadi sakit..
    jadi kita harus memiliki tips tersendiri untuk menangani nya.
    good artikel sob,..

    BalasHapus
  126. banyakk penyakit seperti DBD, FLU, batukk dimusim hujan ,, huhu ,.. penyebaran kuman tersebar lewat aliran air hujan juga juga menjadi salah satu penyebabnya ,, bila itu jaga kesehatan ..

    BalasHapus
  127. sekarang ini memasuki musim penghujan, tetap jaga kondisi sob,..

    BalasHapus
  128. Sangat bermanfaat.... hhmmm...

    BalasHapus
  129. artikel nya sangat bagus nie gan ,,,,,,,

    BalasHapus
  130. mksih ea infonya sngat bermanfaat :)

    BalasHapus
  131. thanks ya infonya,sngat bermanfaat skali

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top