18 Februari 2012
437 comments

Kebiasaan Tidur Pagi Ternyata Berbahaya

Sabtu, Februari 18, 2012
Kita tahu bahwa pagi hari adalah waktu yang penuh berkah dan karenanya kita harus memanfaatkannya. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah, ternyata dialihkan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Perlu diketahui, orang-orang saleh pada masa-masa dahulu sangat membenci tidur pagi. Ibnu Qayyim mengatakan, banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas dan membuang-buang waktu.

Sebaliknya, waktu tidur yang paling bermanfaat adalah saat kita sangat membutuhkannya, di awal malam daripada di akhir malam, dan di pertengahan siang daripada di waktu pagi dan sore. Terlebih di waktu pagi dan sore. Sangat sedikit manfaatnya, bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, terutama tidur di waktu ashar dan awal pagi. Kecuali jika memang tidak tidur sepanjang malam sebelumnya.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Ini karena pada waktu tersebut adalah saat untuk menuai ghanimah atau pahala yang berlimpah. Mengisi waktu tersebut mempunyai keutamaan yang sangat besar.

Lalu, seperti apakah ‘bahaya’ tidur di waktu pagi? Ini dia jawabannya: tidak termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush shalih (generasi terbaik umat). Bahkan, merupakan perbuatan yang dibenci. Lalu, tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya, menyebabkan malas dan tiak bersemangat di sisa hari. Pagi hari bagi seseorang ibaratnya waktu muda, dan akhir harinya ibarat waktu tuanya. Amalan seseorang di masa muda berpengaruh terhadap amalannya di masa tua. Jadi, jika seseorang di awal pagi sudah bermalas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia akan bermalas-malasan pula.

Tak ketinggalan, ‘bahaya’ tidur di waktu pagi adalah terhambatnya rizki datang. Menurut Ibnu Qayyim, empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah berkhianat, malas shalat, bermalas-malasan, dan tidur di waktu pagi.

Bahkan, tidur pagi dapat menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. Mau dibuktikan? Sebaiknya tidak ya :)

Demikian sedikit sharing yang saya peroleh dari beberapa sumber. Semoga bisa sedikit memberikan manfaat...


.

437 comments:

  1. Wah,,,gue banget nie,,,,Saya ingin berubah,,tapi sulit sekali gan...

    BalasHapus
  2. betul mas, dari dulu ortu2 dah bil jgn suka tidur pagi bs jauh dari rejeki, btw yo opo kabare mas :)

    BalasHapus
  3. Banyak orang yang menyepelekan dengan dalih "halah ga tidur juga tetep bokek" harusnya mereka berpikir kalo ga tidur aja bokek apalgi tidur ya makinan lah....
    Itulah Manusia

    BalasHapus
  4. Wah kalau be gini marilah kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya

    BalasHapus
  5. Wah saya pernah nglakuin Dulu tapi ,ternyata berbahaya!! , Padahal enak Banget Loh

    http://blogovoo.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Untung Ane Selalu Bangun Pagi. Dan Melakukan Ibadah..

    BalasHapus
  7. untung saja aku tak pernah tidur pagi...
    ati-ati pada yang suka bangun pagi

    BalasHapus
  8. memang tidak sehat jika kita tidur di pagi hari...
    terimakasih info nya.

    BalasHapus
  9. kurangi tidur banyakin ngopi...

    BalasHapus
  10. harus rubah kebiasaan nih..
    soal nya saya juga kadang-kadang tidur pagi.

    BalasHapus
  11. memang benar adanya, tidur duwakti pagi dan sore itu di larang, setuju sekali deh gan.. :)

    BalasHapus
  12. postingan yang bermanfaat..
    semoga bermanfaat juga untuk orang banyak.

    BalasHapus
  13. saya akan merubah kebiasaan saya gan.

    BalasHapus
  14. thanks gan sudah mengingatkan saya.

    BalasHapus
  15. Artikel yg sngat menarik n sngat berguna bgt...
    akasih bnyk infonya...!!

    BalasHapus
  16. Wah kalau be gini marilah kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya

    BalasHapus
  17. bener bgt..
    yg bener habis shlat subuh itu lgsg beraktifitas.
    salam sukses..

    BalasHapus
  18. makasih udah mengingatkan...
    salam kenal..

    BalasHapus
  19. bener banget tuh,,,orng yang suka tidur pagi tuh orang PEMALAS...

    BalasHapus
  20. makasih udah mengingatkan...
    salam kenal..

    BalasHapus
  21. makasih gan infonya...
    salam kenal.

    BalasHapus
  22. waduuhh sereeemmm..
    makasih gan dah mengingatkan saya...
    salam kenal.

    BalasHapus
  23. info yang bermanfaat,,
    makasih gan..

    BalasHapus
  24. makasih infonya,,,
    dan makasih juga dah ngingetin,,
    salam kenal..

    BalasHapus
  25. ternyata tidur di pagi hari tuh banyak sekali dampaknya ya...

    BalasHapus
  26. mereka yang suka tidur pagi adalah pemalas...

    BalasHapus
  27. nggx semuanya mereka yang suka tidur pagi adalah pemalas,,tp mungkin karena mereka kecapaian,,karena pulang kerjanya larut malam,,

    BalasHapus
  28. pagi tuh waktunya mulai beraktifitas,,,klo pagi2 dipake tidur,,mw mulai kerjanya kapan..

    BalasHapus
  29. nah kalo misalkan saya kan kerja masuk malam sementara pagi itu dijadikan waktu buat istirahat?
    dimana tuh mnurut agan agan?

    BalasHapus
  30. Permisi,, izin nimba ilmu yah .. informasinya bermanfaat .

    BalasHapus
  31. lumayan buat pengetahuan, bahwa tidur pagi itu gk baik, sip dah infonya,.

    BalasHapus
  32. infonya keren banget gan.jadi tau efek sampingnya.mudah-mudahan bermanfaat amien."thanks

    BalasHapus
  33. ya iya lah gan masa yang lain bangun ini malah tidur, virus itu, thanks buta info nya, menarik. salam kenal

    BalasHapus
  34. Kalau saya kbanyakan tidur kepala jd pening mas

    BalasHapus
  35. memang tidak sehat jika kita tidur di pagi hari..thank salam kenal

    BalasHapus
  36. tidur pagi kebiasaan yang tak baik, apalagi untuk muslim, nice info bang edwin :)

    BalasHapus
  37. saya sering tidur pagi, apalagi kalo malem ga tidur karena asik ngeblog

    BalasHapus
  38. subhanallah gan artikelnya sangat bermanfaat sekali, memang benar gan ana sudah mearasakanya, tidur dipagi hari memang memberikan efek malas dan membuat badan selalu terasa lemas da tidak ada gairah. terimakasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  39. ini kebiasaan saya .. wah saya ga mau sampe lemah syahwat .. saya akan berubah terimakasih atas masukan nya .. tapi menghilangkan kebiasaan itu tidak semudah membalikan telapak tangan ,.
    makasih ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  40. wah, baru tau kalo tidur pagi tuh berbahaya....

    saya sering ngelakuin... soalnya malemnya sering begadang...

    In house training Buku anak murah

    BalasHapus
  41. tidur pagi???ya jelas saja itu merugikan... terimakasih buat infonya!!!saya juga suka tidur pagi ketika saya beraktifitas di malam hari...

    BalasHapus
  42. wah saya gak pernah tidur pagi, tidur aja sudah larut malam ... maklum kerja keras .... he... he ...

    BalasHapus
  43. wah saya kalo habis kerja shift malam paginya tidur... kalo kayak gitu tgerus gimana om?

    http://ferdy-lpu.blogspot.com

    BalasHapus
  44. waduuuhhh kebiasaan saya baget apa lagi di hari dimana kita libur panjang dan ga ada kegiatan...

    BalasHapus
  45. setuju bang. meski saya sering melakukannya tp jujur mangkel bawaannya kalo tidur pg.cz kerjaan g kelar2, ketunda terus, seakan waktu sehari cuma dikit bgt

    BalasHapus
  46. maksih banyak nih sudah mengingatkan,,, meskipun masih butuh waktu untuk merubahnya.....

    BalasHapus
  47. tidur pagi, selain tidak bagus untuk kesehatan, tidur pagi juga sangar merugikan untuk kantong kita

    hehehe

    BalasHapus
  48. waduuh ternyata bahaya juga yachhh...

    BalasHapus
  49. makasih banget nih atas penjelasannya...

    BalasHapus
  50. berhbahaya karena menjauhkan rezeki...

    BalasHapus
  51. memang mas klo kita tidur pagi, kata orang-orang rezekinya dipatok ayam..hehe makasih mas

    BalasHapus
  52. pagi hari kan identik dengan mulai aktifitas, jd kalo pagi hari malah tidur jan gak etis kali...
    Tapi bagi para pekerja yang waktu kerjanya malam sampai pagi, kayaknya hal tersebut sulit di hindari

    BalasHapus
  53. waduh...waduh,,,,dulu gak pernah tidur pagi,,sekarng malahan sering karena jam kerja makin lama,,,,hehe,,susah banget ngilanginnya gan,,,

    BalasHapus
  54. wah baru tau gan kalou tidur pagi itu berbahaya, thanks gan salam kenal.

    BalasHapus
  55. makasih gan infonya ,,
    sangat bermanfaat ,,

    BalasHapus
  56. terima kasih atas infonya....
    q jadi tahu bahanya tidur di pagi hari....
    mungkin kan di kurangi tidur di pagi hari

    BalasHapus
  57. Subhanalloh ternyata benar kata orang tua " jangan tidur lagi !!"
    tapi da masaih ngantukk apalagii klo harii liburr pengennya tidurr ajja .. huphh ..

    BalasHapus
  58. setuju dch sama kamu ,, jangan tidur lagi yah klo udahh pagii ..
    walapun tidak ada keraan tapi bisa berolah raga atau menghirup udara pagi hari ynag sangat segar ...

    BalasHapus
  59. g baik tauu ntidurr pagi lebihh baik larii pagi kata bang roma juga .. :)

    BalasHapus
  60. ea benerrr bangett lagian bikin g fress klo tidurr lagi ..

    BalasHapus
  61. akhh,, kalo tidurr lagii bikiinn maless bangunn pengennya sampe siang ... keblablasan dchh ..:)

    BalasHapus
  62. yahh untungnnya bukan satu kebiasaan saya..hehehee

    BalasHapus
  63. tidur siang itu di jauh kan ama rizki. thanks gan buat info nya,

    BalasHapus
  64. yahh,, mending olah raga biar seger dan sehat klo pagii dari pada tidurr

    BalasHapus
  65. waduh...terima kasih nasihatnya....akan saya jalankan dah tipsnya

    BalasHapus
  66. memang bener juga kalau sudah shalat subuh tidur lagi sampai siang badan itu pasti tidak enak dan tidak nyaman rasanya itu maless banget untuk ke luar kamar dan males mandi, itu lah yang di rasakan oleh saya,

    makasihnya atas infonya, salam kenal..

    BalasHapus
  67. saya kaya nya kesindir nih hehe

    tapi thank ya untuk informasi nya... sangat berguna banget

    BalasHapus
  68. Pastinya lah, tidur yang cukup lebih baik..

    BalasHapus
  69. YAHH ,, JANGAN TIDURR MELULU DONGG ,, G SEHAT JUGA KLO TIDUR BERLEBIHAN ..

    BalasHapus
  70. Tapi jika dilakukan karena menyesuaikan pada waktu kerja, mungkin tidak apa apa ya? :)

    BalasHapus
  71. memang benar gan, hal yang itulah yang membuat semua orang menjadi malas,,,,,,,

    BalasHapus
  72. tidur pagi pagi kadang sangat menggoda, setelah lelah beraktifitas , bagun sholat subuh, bawaannya tidur itu masih kurang..
    heueheu
    pdahal itu berbahaya

    BalasHapus
  73. memang bener juga kalau sudah shalat subuh tidur lagi sampai siang badan itu pasti belum enak dan belum nyaman rasanya itu maless banget bila ke luar kamar dan men mandi, itu lah di rasakan oleh saya,

    BalasHapus
  74. tetep semangat aja mass jangan malam malasan

    BalasHapus
  75. tidurr lagiii klo udah shalat subuhh suka jadi pusing ..
    jadii bener banget klo tidur pagi itu g boleh ///:)

    BalasHapus
  76. tidur terlalu banyak juga bahaya gan,,,
    yang baik itu sebentar tapi berkualitas . .

    BalasHapus
  77. nice info..
    setuju bgt, jangan tidur di waktu pagi. Nanti rejekinya dipatuk ayam.

    BalasHapus
  78. waduuhh sejatinya penyakit saya banget tuh bila hari libur atau lagi ga ada kerjaan . .!!!

    BalasHapus
  79. kata guru saya tidur pagi bisa bikin orang majenun

    BalasHapus
  80. hemmmh,,saya sering gan,,tidur seetelah sholat shubuh,,,sulit sekali menghilangkan kebiasaan itum,,

    BalasHapus
  81. KALAU BOLEH NGASI SARAN YAH ,, TIDUR DI PAGI HARI JUGA ITU MENGHILANGKAN REZEKI BRO . SELAIN ITU JUGA DAPAT MENYEBABKAN KANKER HATI.

    BalasHapus
  82. Hmm. Ane sering tidur pagi dan molor gan... :C

    BalasHapus
  83. waduuuhhh bisa mulai dari sekarang juga nih mengurangi kebiasaan demikian !!

    BalasHapus
  84. gk apa apa kali kalau tidur pagi habis ronda,.!

    BalasHapus
  85. Tidur pagi hari memang sangat tidak dianjurkan dalam agama Islam, karena saat mencari rezeki. Ini khusus utk yg cari rezekinya siang hari. Tapi kalo kena shift ya apadaya jika kena shift malam, siangnya terpaksa istirahat :)

    BalasHapus
  86. Baru denger keterangan ini. Yang sering saya denger kalo tidur diantara waktu ashar sampai maghrib. Jika dilakukan 40 hari berturut-turut maka akan menyebabkan gila. tks artikelnya

    BalasHapus
  87. bagus kang infonya, makasih kang :D

    BalasHapus
  88. alhamdulilah nichh saya belum pernah tidur pagi,,,

    BalasHapus
  89. Menjadi bahan muhasabah bagi saya, terima kasih artielnya. Bermanfaat sekali

    BalasHapus
  90. lagian juga kalo abis bangun tidur pas pagi terus tidur lagi mimpinya suka enggak jelas, malah ane sering mimpi setan!!!!!

    BalasHapus
  91. ya maka y kalo tidur itu sebaiknya malam hari

    BalasHapus
  92. betul tuh tidur pagi memang ga enak pas bangunnya,, seperti linglung gitu,, sam kalau tidur sore juga...

    BalasHapus
  93. ia juga . saya suka pusing kalau tidur di pagi hari pas bangun nya tea,
    tapi suka ke enakan he , he,,

    BalasHapus
  94. wahh berarti selama ini saya salah dong mas,maklum mas saya sering begadang hehehehe.thanks mas udah sharing infonya :D

    BalasHapus
  95. Sangat Bermanfaat gan...intinya kita harus membiasakan pola hidup sehat aja , itu lebih dari cukup.. :D

    BalasHapus
  96. oh jadi berbahaya ya... hmm harus di jaga nih

    BalasHapus
  97. klo tidur lagii udahh pagi katanya rizki bakalan ngejauhh ..:(

    BalasHapus
  98. jangann tidur lagii mendinggg sportt :)

    BalasHapus
  99. kebiasaan yang jelekk klo tidurr lagi :)

    BalasHapus
  100. Ternyata tidur pagi malah berbahaya ya....

    BalasHapus
  101. tidur pagi sama dengan menjauhkan rezeki kita sendiri.sebab orang pada sibuk bekerja,masa kita malah tidur dan malas2an.

    BalasHapus
  102. bahaya bangetlah...
    rezeki bisa dipatok ayam...

    BalasHapus
  103. sebaiknya klo ingin tidur di pagi hari jangan lama2.....soalnya perbandingan tidur antara pagi dengan malam sangat berbeda sekali....

    BalasHapus
  104. pagi tuh harusnya buat olahraga bukan buat tidur

    BalasHapus
  105. Jangan lupa makan yang teratur dan istrirahat yg cukup...

    BalasHapus
  106. anak kecil kan memang rentan sakit, harus dijaga...

    BalasHapus
  107. wah padahal ane suka tidur pagi gan..

    BalasHapus
  108. Kalau shift malam gimana dong, lebih gak sehat kalau gak tidur2

    BalasHapus
  109. waduh bhya jga ya...
    klw bercinta di pagi hari bagus ya ?
    wkwkwkw

    BalasHapus
  110. bner bgt gan,, klo tdur sore atau pagi pas bngun nya ska agak pusing.kereen lh gan,, slam knal..

    BalasHapus
  111. Terima kasih atas pencerahannya, jujur saya baru tahu ternyata agama mengatur waktu tidur yang baik

    BalasHapus
  112. Terima kasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  113. jelas berbahaya,, linglung.hehe
    thanks info nya gan...

    BalasHapus
  114. pastinya berbahaya.soalnya rezekinya di patok ayam.heehehe.... mkasih infonya.

    BalasHapus
  115. info nya bgus gan,, mksih share nya...

    BalasHapus
  116. oh jadi gitu gan, kalau sekali-kali boleh kan gan, kalau ada jadwal ronda,hehehehehe

    BalasHapus
  117. waduh ternyata bahaya ya tidur pagi-pagi. sip terimasih infonya mas

    BalasHapus
  118. wah... aku baru tahu tu mas...

    kunjungan balik ya!!!!

    BalasHapus
  119. kebiasaan tidur pagi bernbahayam penyaklit kuninga akandatang.....mending olahragi daripada tidur lagi...

    BalasHapus
  120. tidur pagi, kenapa tidur lg? ayo bangun

    BalasHapus
  121. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  122. Alhamdulillah, artikel ini menguatkan semangat saya, untuk tidak tidur di pagi hari, Memang kalau kita tidak tidur hbis shalat subuh, rasanya jauh lebih segar, kebiasaan yang baik juga adalah tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal juga,, thanks atas sharenya..salam!

    BalasHapus
  123. Pekerja kasar alias buruh pabrik seperti saya jam tidurnya sangat berantakan,terutama dapat shift 3 ( malam ).
    by: lowongan kerja terbaru

    BalasHapus
  124. kalo gue pernahnya tidur pagi mimpinya suka mimpi jurig

    BalasHapus
  125. olala...ternyata begitu,makasih infonya, akan dicoba wlopun berat, rasanya enak banget hbs sholat tdur lg, baiklah saatnya berubah

    BalasHapus
  126. hindari kebiasaan tidur pagi .. karena dengan tidur pagi kita tak akan memperoleh rizki .. juga merusak akan tubuh kita ..
    lebih baik kita melakukan aktifitas kalau gak kita coba olahraga ..

    BalasHapus
  127. Subhanallah...
    Naumuz ziyadah laisa min akhlakil salafis sholih...
    Allahumma ghfirlii....

    BalasHapus
  128. Kalo bangun kesingan berarti juga g bagus donk.

    BalasHapus
  129. waduchhh hal yang spele seperti itu bisa membahyakan juga,,,..
    thks infonya

    BalasHapus
  130. iya bermanfaat sekali juragan hatur nuhun

    BalasHapus
  131. wadu jadi takut nih mas gimana ya kalo kayak aku yang kerjanya lembur misalnya kalo abis masuk malam kan tidurnya pagi, heheheh, thank infonya

    BalasHapus
  132. Subhanallah...
    Naumuz ziyadah laisa min akhlakil salafis sholih...

    BalasHapus
  133. ya maka y kalo tidur itu sebaiknya malam hari

    BalasHapus
  134. Baru tahu nih sob.. makasih ya

    BalasHapus
  135. Info yang sangat berguna .. makasih atas sharenya

    BalasHapus
  136. Waduh trims ya.. info yg sangat penting buat kita2

    BalasHapus
  137. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  138. saya suka dengan info nya gan... thanks ya

    salam kenal aja deh

    BalasHapus
  139. Yuuppsss,,,
    Pagi2 tidur,,,
    Kerja-kerja,,,heheee
    Info yang menarik om....

    BalasHapus
  140. kebiasaan buruk jangan di biasakan

    BalasHapus
  141. wahhh ternyata tidur mlulu dpt menyebabkan lmah syahwat.. hhemmmmmm

    BalasHapus
  142. makasi infonya , berguna bgt loh :)

    BalasHapus
  143. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  144. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  145. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  146. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  147. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  148. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  149. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  150. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  151. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  152. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  153. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  154. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  155. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  156. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  157. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  158. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba.S alam sukses

    BalasHapus
  159. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  160. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top