18 Februari 2012
437 comments

Kebiasaan Tidur Pagi Ternyata Berbahaya

Sabtu, Februari 18, 2012
Kita tahu bahwa pagi hari adalah waktu yang penuh berkah dan karenanya kita harus memanfaatkannya. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah, ternyata dialihkan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Perlu diketahui, orang-orang saleh pada masa-masa dahulu sangat membenci tidur pagi. Ibnu Qayyim mengatakan, banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas dan membuang-buang waktu.

Sebaliknya, waktu tidur yang paling bermanfaat adalah saat kita sangat membutuhkannya, di awal malam daripada di akhir malam, dan di pertengahan siang daripada di waktu pagi dan sore. Terlebih di waktu pagi dan sore. Sangat sedikit manfaatnya, bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, terutama tidur di waktu ashar dan awal pagi. Kecuali jika memang tidak tidur sepanjang malam sebelumnya.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Ini karena pada waktu tersebut adalah saat untuk menuai ghanimah atau pahala yang berlimpah. Mengisi waktu tersebut mempunyai keutamaan yang sangat besar.

Lalu, seperti apakah ‘bahaya’ tidur di waktu pagi? Ini dia jawabannya: tidak termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush shalih (generasi terbaik umat). Bahkan, merupakan perbuatan yang dibenci. Lalu, tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya, menyebabkan malas dan tiak bersemangat di sisa hari. Pagi hari bagi seseorang ibaratnya waktu muda, dan akhir harinya ibarat waktu tuanya. Amalan seseorang di masa muda berpengaruh terhadap amalannya di masa tua. Jadi, jika seseorang di awal pagi sudah bermalas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia akan bermalas-malasan pula.

Tak ketinggalan, ‘bahaya’ tidur di waktu pagi adalah terhambatnya rizki datang. Menurut Ibnu Qayyim, empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah berkhianat, malas shalat, bermalas-malasan, dan tidur di waktu pagi.

Bahkan, tidur pagi dapat menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. Mau dibuktikan? Sebaiknya tidak ya :)

Demikian sedikit sharing yang saya peroleh dari beberapa sumber. Semoga bisa sedikit memberikan manfaat...


.

437 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 437   Lebih baru›   Terbaru»
«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 437   Lebih baru› Terbaru»

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top