Posted by : Edwin Prasetio 28 Januari 2012

Sifat tawadhu’ atau rendah hati adalah hal yang sangat mulia jika dimiliki oleh manusia. Tawadhu’ merupakan salah satu unsur penting agar hati selalu bersih dan bersinar. Dengan hati yang bersih, kita akan selalu mendapatkan segala kebaikan hidup di dunia ini.

Tawadhu’ dapat tercermin dari sikap-sikap anda, dalam hal-hal yang kecil sekalipun. Seperti apa? Berikut ini tanda-tanda tawadhu’ seperti yang diungkapkan oleh Abdullah bin Jarullah dalam bukunya Fadhlu At-Tawadhu’ wa Dzamu Al-Kibr:

Pertama
Apabila anda menonjolkan diri terhadap sesama, maka anda sombong. Namun apabila anda menyatu dalam kebersamaan dengan mereka, maka anda tawadhu’.

Kedua
Apabila anda berdiri dari tempat duduk dan mempersilakan orang berilmu dan berakhlak duduk di tempat anda, maka anda tawadhu’.

Ketiga
Apabila anda menyambut orang biasa dengan ramah dan wajah yang menyenangkan, dengan kata-kata yang akrab, memenuhi undangannya, maka anda tawadhu’.

Keempat
Apabila anda mengunjungi orang yang lebih rendah status sosialnya atau yang sederajat dengan anda, atau membawakan barang-barang bawaan yang ada di tangannya, maka anda tawadhu’.

Kelima
Apabila anda mau duduk bersama fakir miskin, menjenguk orang sakit, orang cacat, memenuhi undangan mereka, dan makan bersama mereka, maka anda tawadhu’.

Keenam
Apabila anda makan dan minum dengan tidak berlebihan, sekali lagi, anda tawadhu’.


.

379 Responses so far.

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 379   Lebih baru›   Terbaru»
«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 379   Lebih baru› Terbaru»

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Edwin's Blog - Template: Metrominimalist | cipto junaedy - Powered by: Blogger - Designed by: Johanes Djogan

Jual Madu | Rental Mobil Semarang | Konsultan SEO