28 Januari 2012
380 comments

Tanda-tanda Tawadhu’ pada Diri Anda

Sabtu, Januari 28, 2012
Sifat tawadhu’ atau rendah hati adalah hal yang sangat mulia jika dimiliki oleh manusia. Tawadhu’ merupakan salah satu unsur penting agar hati selalu bersih dan bersinar. Dengan hati yang bersih, kita akan selalu mendapatkan segala kebaikan hidup di dunia ini.

Tawadhu’ dapat tercermin dari sikap-sikap anda, dalam hal-hal yang kecil sekalipun. Seperti apa? Berikut ini tanda-tanda tawadhu’ seperti yang diungkapkan oleh Abdullah bin Jarullah dalam bukunya Fadhlu At-Tawadhu’ wa Dzamu Al-Kibr:

Pertama
Apabila anda menonjolkan diri terhadap sesama, maka anda sombong. Namun apabila anda menyatu dalam kebersamaan dengan mereka, maka anda tawadhu’.

Kedua
Apabila anda berdiri dari tempat duduk dan mempersilakan orang berilmu dan berakhlak duduk di tempat anda, maka anda tawadhu’.

Ketiga
Apabila anda menyambut orang biasa dengan ramah dan wajah yang menyenangkan, dengan kata-kata yang akrab, memenuhi undangannya, maka anda tawadhu’.

Keempat
Apabila anda mengunjungi orang yang lebih rendah status sosialnya atau yang sederajat dengan anda, atau membawakan barang-barang bawaan yang ada di tangannya, maka anda tawadhu’.

Kelima
Apabila anda mau duduk bersama fakir miskin, menjenguk orang sakit, orang cacat, memenuhi undangan mereka, dan makan bersama mereka, maka anda tawadhu’.

Keenam
Apabila anda makan dan minum dengan tidak berlebihan, sekali lagi, anda tawadhu’.


.

380 comments:

  1. makasih infonya...semoga menjadi peningkatan iman ni

    BalasHapus
  2. memang didalam diri manusia itu harus ad yang namanya sifat rendah hati.

    BalasHapus
  3. sungguh mulia banget jika seseorang mempunyai sifat tawadhu`.

    BalasHapus
  4. Makasih infonya sob, ini sangat bermanfaat buat saya..

    BalasHapus
  5. Terima kasih buat informasi yang satu ini :)

    Semoga artikelnya bermanfaat bagi blogger lainnya.

    BalasHapus
  6. terimakasih artikelnya, semoga ini bermanfaat untuk kita semua.
    blognya bagus, kalau boleh tolong izinkan saya juga mau share ni, terimakasih.
    Bisnis Online Daftar Gratis Bonus Jutaan Rupiah
    Metode Bisnis Online Memberikan Bukti Nyata

    BalasHapus
  7. belajar tawadhu...
    salam blogger sekalian...

    BalasHapus
  8. Asslm, salam kenal Mas. Luar biasa artikelnya, menyadarkan sekali.. Semoga kita sekalian termasuk menjadi orang - orang tawadhu ya.. Aamiin..

    BalasHapus
  9. terima kasih atas pencerahannya, semoga bermanfaat bagi para pembacanya ...amin

    BalasHapus
  10. Terimakasih bnyak infonya...
    sangat berguna sekali...!!!

    BalasHapus
  11. tawadhu merasa diri sama dengan orang lain sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama yang lain

    BalasHapus
  12. tanamkanlah sifat tawadhu`di diri kita.

    BalasHapus
  13. sesama makhluk hidup memang diperlukan adanya sifat tawadhu`.

    BalasHapus
  14. terimakasih infonya sangat membantu bangat gan..

    BalasHapus
  15. wow mantabs bangat gan postingnya,,
    sangat berguna buat saya..

    BalasHapus
  16. wah bermanfaat sekali nih mas gan informasinya.........ana jadi kepengen banget jadi orang yang termasuk manusia yang tawadhu

    BalasHapus
  17. mantabs mas gan informasinya sangat bernilai positif dan patut dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  18. info'a unik...
    insyallah bermanfaat..amin.

    BalasHapus
  19. Mantaappp. . .
    mksh buat infonya. . .???

    BalasHapus
  20. Memang tawadhu Lebih Baik Daripada Ujub....
    Sungguh membuat Saya Jadi Terinsprasi Dengan Postingannya..
    salam kenal dan terimakasih

    BalasHapus
  21. manfaat banget infonya gan, thx 4share
    :)
    salam kenal

    BalasHapus
  22. memang perlu diterapkan yang namanya sifat tawadhu`.

    BalasHapus
  23. info nya sangat menarik sekali..
    memang harus punya sikap tawadju,, karna itu lebih mulia sekali.

    BalasHapus
  24. Betul sekali gan,
    bersifat tawadhu memang sangat di sukai banyak orang begitu juga dengan saya,sangat suka sekali sama orang yang punya sifat tawdhu.

    BalasHapus
  25. tawadh' sikap yang mulia sekali, orang pun jika melihat orang memiliki sikap tersebut maka akan di santuni,,,
    makasih buat sharenya,
    bagus banget post nya

    BalasHapus
  26. sikap yang mulia andikan semua orang memiliki sikap tawadh',,, amin

    BalasHapus
  27. thank ya infonya..
    nice post
    salam knal aja,,

    BalasHapus
  28. Cukup sulit dan butuh kebiasaan guntuk menjadi tawadu'.

    BalasHapus
  29. terimaksih atas artikelnya,,
    tawadhu memang sering masuk dalam kehidupan kita sehari-hari..

    BalasHapus
  30. tawadhu???sungguh merasa senang kalau bisa jadi orang yang rendah hati,ketika seseorang menjadi orang yang tawadhu pasti jalan hidupnya begitu terasa senang dan sejahtra... salam kenal,semoga kita semua termasuk orang-orang yang berendah diri amin.

    BalasHapus
  31. Senang rasanya memiliki sifat tawadhu,, tapi prakteknya sulit... banyak godaan

    BalasHapus
  32. memang tidak mudah menjadi orang yang tawadhu`.

    BalasHapus
  33. perlu mempunyai iman yang kuat buat jadi orang yang tawadhu`

    BalasHapus
  34. Subhanallah mas bagus sekali artikelnya...
    Menjadikan saya bermuhasabah

    BalasHapus
  35. info yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  36. bersifat tawadhu memang sangat mudah yang penting jangan pilih-pilih kepada siapa kita akan tawadhu.

    BalasHapus
  37. semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang tawadhu.

    BalasHapus
  38. artikel yang sangat bagus...
    thanks gan.

    BalasHapus
  39. menjadi orang yg tawadhu itu susah,,
    tp klo mw brusaha..pasti bisa..

    BalasHapus
  40. info yg bagus..smoga bermanfaat..

    BalasHapus
  41. sifat tawadhu itu berasal dari hati kita sendiri.

    BalasHapus
  42. semoga kita bisa menjadi orang yg tawadhu amin..

    BalasHapus
  43. menjadi orang yg tawadhu itu..keinginan smua orng..

    BalasHapus
  44. Halo Edwin,

    Posting yang inspiratif.

    Senang berkunjung ke blog anda yang informatif.

    BalasHapus
  45. saya harus belajar banyak melalui blog anda, makasihh :)

    BalasHapus
  46. ibarat wayang itulah haqikat hamba ini,,apapun gerak dan semua aktivitaskita adalah kehendaknya..
    salam kenal.

    BalasHapus
  47. tanpa disadari seringkali kita justru berprilaku sombombong bukannya bertawadhu,

    BalasHapus
  48. semoga kita tergolong orang2 yang senantiasa betawadu

    BalasHapus
  49. Thanks infonya..
    Semoga kita bisa menjadi muslim yang tawadhu'..
    Amin.

    BalasHapus
  50. bagus juga nih artikelnya .lumayan buat menambah wawasan dan pengetahuan

    BalasHapus
  51. tak semua orang bisa menjadi orang yang tawadhu`

    BalasHapus
  52. Tawadhu Adalah Yang terbaik

    BalasHapus
  53. jadi orang yang tawadhu???susah gak ya..! tergantung masalah dari hati seseorang,ketika ada orang yang rendah hati dilandaia karena ingin punya pamor doang sama saja... ya semoga kita termasuk orang yang bertawadhu amai!!!

    BalasHapus
  54. ekh-ekhm..........senggol dikit
    kayanya ada dalam diri ana semua tuh mas gan cz mirip banget sama sifat diri ana

    BalasHapus
  55. jadi nambah ilmu saya nich,..
    terima kasih artikel sobat sangat bermanfaat bagi sisi religi saya,..

    BalasHapus
  56. Subhanallah...
    informasi yang bermanfaat sekali..
    makasih sekali atas pencerahan yang luar biasa sekali...

    BalasHapus
  57. Subhanallah,,,
    Semoga kita termasuk orang-orang yang tawadhu’,,,

    Aamiin.
    Happy blogging

    BalasHapus
  58. mantabs gan infonya, semoga tanda-tanda ke enam tersebut ada pada diri ana pula. terimakasih gan atas infonya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  59. Semoga dalam hari hari ke depan kita jadi lebih tawadu lagi

    BalasHapus
  60. terimakasih ilmunya, sungguh beruntung orang-orang yang di dalam dirinya terdapat sifat tawadu...

    BalasHapus
  61. Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

    BalasHapus
  62. like this artikel...
    tawadhu itu penting...:D

    BalasHapus
  63. Well your topic is unique and I really liked it thanks for sharing good information about it I was looking it over Google.
    silver surfer vaporizer

    BalasHapus
  64. semoga dengan adanya informasi ini kebanyakan orang yang ingin bertawadhu amin... salam kenal!!!

    BalasHapus
  65. makasih gan infonya ..
    saatnya mengoreksi diri dan bertanya pada diri sendiri,,
    sudah kah saya melakukan hal di atas..

    BalasHapus
  66. sangat bermanfaat sekali mas gan postinganya.....saemoga tanda-tanda tersebut ada pada diri kita juga

    BalasHapus
  67. sangat sulit untuk mendapatkan sifat tawadhu,semoga ciri-ciri di atas salahsatunya/semuanya ada pada diri saya

    BalasHapus
  68. assalamualaikum.....
    kun waroan takun a'badannas......bang

    BalasHapus
  69. iya juga ya, sering kita ga mau melakukan hal yang disebuitkan diatas. astagfirullah....terimakasih gan sudah mengingatkan

    BalasHapus
  70. mksh buat infonya. . .,bermanfaat skali. . .

    BalasHapus
  71. infonya luar biasa sekali bang...
    sangat bermanfaat...
    terima kasih banyak atas ilmunya...

    BalasHapus
  72. Semoga kita termasuk orang-orang yang tawadhu

    BalasHapus
  73. mari kita belajar menjadi orang yang tawadhu`.

    BalasHapus
  74. thanks sobat infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  75. ini baru info yang bermanfaat,,,,
    makasih gan atas infonya,,,

    BalasHapus
  76. let's make it be our behaviour...

    BalasHapus
  77. Tawadhu' dan tabah merupakan ciri muslim sejati..
    smoga kita bisa jadi orang2 yang Tawadhu'

    BalasHapus
  78. boleh juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,

    BalasHapus
  79. Ups mantap buat intropeksi, makasih
    salam,
    sukses selalu.

    BalasHapus
  80. sangat berguna dan bermanfat.... mksih ya

    BalasHapus
  81. wahhhh mantap bngt posting nya... nice sharing

    BalasHapus
  82. bisa mudah bisa sulit jadi orang tawadu, tapi mesti di perjuangkan untuk menjadi bagian ahlak pribadi

    BalasHapus
  83. info nya sangat bagus nie gan makasih yach,,,,

    BalasHapus
  84. infonya nya sangat bagus dan menarik..
    makasih ya gan...

    BalasHapus
  85. ternyata masih ada sisi sombong dalam diri saya...
    catatan kecil sahabat yang sangat bermakna, terima kasih sahabat :D

    BalasHapus
  86. sifat tawadu ini penting harus kita miliki...

    BalasHapus
  87. Very interesting your posting, thanks for putting up.

    BalasHapus
  88. wah bagus banget gan posyingan nya...

    BalasHapus
  89. Saya rasa memang harusnya seperti itu , tawadhu adalah pilihan terbaik daripada kita harus 'ujub' tinggi hati , saya merasa blog ini sangat bermanfaat , kapan update lagi?

    BalasHapus
  90. bersihkan hati kita dengan bertawadhu...

    BalasHapus
  91. saya merasa tersindir karena sering menyombongkan diri

    BalasHapus
  92. assalamualaikum,,
    nice info for me.

    BalasHapus
  93. info yang menarik gan...:)
    perkenalkan.., saya helmi, dan sekarang kuliah di UII Yogyakarta

    BalasHapus
  94. makasih buat infonya , susah ya jadi orang tawadhu

    BalasHapus
  95. assalam...tukar link bang, link dah terpasang bs d cek di http://satriabajahikam.blogspot.com
    td nulis d tukar link g bs. thanks

    BalasHapus
  96. semoga kita masuk dalam golongan orang2 yg tawadhu'

    BalasHapus
  97. as.kum...smoga kita termasuk kedalam orng2 yang tawadhu..
    amin yarob

    BalasHapus
  98. salam kenal..
    makasih buat pencerahannya..

    BalasHapus
  99. wah dari pelajaran agan, intinya tawadhu itu tidak berlebihan dan menghargai orang lain ya gan. makasih ya..

    BalasHapus
  100. sussah ya jadi orang tawadhu , tapi kalo berusaha keras pasti bisa ko .
    makasih ya gan buat pencerahannya

    BalasHapus
  101. semoga kita termasuk ke dalam orang yang tawadhu , makasih ya gan buat infonya

    BalasHapus
  102. Kalau setiap orang rendah hati, betanya nyamannya dunia ini untuk ditinggali...

    BalasHapus
  103. banyak godaanya untuk menjadi tawadhu sob.. apalagi di jaman yang dah gak manusiawi seperti sekarang ini..

    BalasHapus
  104. susah ya jadi orang tawadhu, thx gan infonya

    BalasHapus
  105. Insya Allah kita semua dapat seperti itu, berjuaaang!!

    BalasHapus
  106. Menjadi orang tawadhu tentu tidak mudah, perlu belajar.

    BalasHapus
  107. Another good post here you shared with us thanks for it. I am fond of good blogs and your blog is really cool.

    BalasHapus
  108. semoga kita termasuk dalam golongan orang yang ber tawadhu

    BalasHapus
  109. keiklasan mendasari orang yang bertawadhu

    BalasHapus
  110. terima kash sudah share ilmu tawadhu sangat bermanfaat !

    BalasHapus
  111. ya semoga kita termasuk orang yang tawahu dengan sebenar-benarnya amin....

    BalasHapus
  112. pengen jdi orang yang bener....

    BalasHapus
  113. benar, menjadi tawadhu bisa menjadi sebuah gaya hidup :)

    BalasHapus
  114. memang perlu adanya sifat tawadhu` di diri kita gan.

    BalasHapus
  115. sungguh mulianya jika orang memiliki sifat tawadhu`.

    BalasHapus
  116. mungkin terlalu suli untuk oran orang yang kurang iman seperti kita untuk menjadi orang yang tawadhu pada diri sendiri . ..

    BalasHapus
  117. mungkin iman kita harus di pertebal dengan tawadhu

    BalasHapus
  118. subhanallah gak kebayang gan bila kita memiliki semua sifat ke enam yang gan ulas dalam artikelnya. terimakasih gan atas infonya yang sangat bermanfaat dan sangat memotifasi

    BalasHapus
  119. mantbz & azip mas gan postinganya, jadi pengen punya sifat ke 6 diatas nih...amin

    BalasHapus
  120. apa nya yang mantap ? :cekakakan:

    BalasHapus
  121. duh atas gue seenak nya aja koment nya

    BalasHapus
  122. ia mas seharusnya semua orang itu harus tawadhu, agar hidup orang2 itu tentram dan damai

    BalasHapus
  123. mau coba jadi orang yang bertawadhu akh...
    semoga bisa
    amin

    BalasHapus
  124. sifat tawadhu mamng sangat diperlukan dan dianjurkan bagi kita semua umat mamnusia, karena dengan adanya sifat tawadhu maka akan adanya rasa saling harga menghargai, terutama tercipta kerukunan.

    BalasHapus
  125. dan saya pernah denger,

    tidak akan masuk surga seseorang jika ada secuil kesombongan dalam hatinya...

    In house training Buku anak murah

    BalasHapus
  126. tawadhu adalah satu sifat seorang muslim yang baik pasti menunjukan sikap yang tawadhu ,, untuk itu mari kita bersikap tawadhu .. alhamdulillah tawadhu ada lah salah satu sifat yang terpuji yang patut kita fahami dan pelajari

    BalasHapus
  127. andai saja setiap orang di dunia mempunya sikap tawadhu, dan saling merangkul tangan satu sama lain,.

    BalasHapus
  128. subhanaAllah,,semoga saya termasuk kedalamnya,,aminn,,,karena kita tidak bisa menilai diri kita sendiri hanya orang lain lah yang bisa,,

    BalasHapus
  129. Hmmmm.....
    artikel yg menarik .......
    tdk kecewa deh mampir ke sini

    BalasHapus
  130. mantaaap lah smoga saja kita bisa menjadi orang yang kaya gtu

    BalasHapus
  131. mudah mudahan saya bisa mempraktekan sikap tawadhu,, amiin, infonya sangat bagus dan bermanpa'at buat saya..

    BalasHapus
  132. mudah mudahan saya bisa mempraktekan sikap tawadhu,, amiin, infonya sangat bagus dan bermanpa'at buat saya..

    BalasHapus
  133. mudah mudahan saya bisa mempraktekan sikap tawadhu,, amiin, infonya sangat bagus dan bermanpa'at buat saya..

    BalasHapus
  134. semoga saya termasuk orang-orang yang tawadhu...
    aamiin.

    BalasHapus
  135. sulit bagi orang yang tipis imannya seperti kita untuk menjadi orang yang demikian . .

    BalasHapus
  136. sulit bagi orang orangyang imannya tipis seperti kita untuk menjaid hal yan demikian . .

    BalasHapus
  137. sifat itu memang perlu bangatt tuh untuk manusia terapkan terimakasihh yah gan :)

    BalasHapus
  138. tawadhu, kadang kita suluit untyuk mengamalkan sikaf itu pada diri sendiri :)

    BalasHapus
  139. sipt gan , didunia ini perlu bangett sifat tawadhu :)

    BalasHapus
  140. astagfirullohhal'adzim terimakasihh gan atas info yang bermanfaat ini ..:)

    BalasHapus
  141. makasih mas untuk tipsnya ..!!
    perbanyak artikel sejenis yah ..
    :)

    BalasHapus
  142. tawadhu ,, yah saya juga masih belum bisa jadi orang tawadhu ..
    sombong lah cuek lah .. terimakasih atas info ya agn saya coba terapkan pada diri saya
    terimakasih

    BalasHapus
  143. sikap tawadhu memang susah ,, ketika kita punya segalanya kita malah bersikap acuh dan sombong
    terimakasih ya gan atas informasinya
    salam

    BalasHapus
  144. ya tuhan jauhkan lah aku dari sikap sombong ,, tawadhu adalah sifat orang yang beriman ,,
    terimakasih atas tips nya ini sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  145. alhamdulilahh saya masih bisa termasuk tawadhu,,agar mempertahankannya gimana ya?

    BalasHapus
  146. Semoga saya termasuk orang tawadhu dan istiqomah

    BalasHapus
  147. luar biasa, ilmu yang bermanpa'at buat saya ini sebagai cermin buat saya agar bisa bersikap tawadhu. thanks

    BalasHapus
  148. mungkin nampaknya sulit bagi saya untuk bertawadhu pada diri sendiri !!!

    BalasHapus
  149. menarik sekali gan artikelny pas ane baca ,,moga az bermanfaat bwat semunya amienn.."'''

    BalasHapus
  150. tawadhu adalah ciri orang yang ber iman . memang sulit untuk menjadi orang tawadhu begitupun dengan aku

    BalasHapus
  151. tawadhu .. ya tuhan ampuni lah dosa dosa ku aku termasuk orang yang sombong ..

    BalasHapus
  152. jadi itu tanda2 dari orang yang tawadhu.....

    BalasHapus
  153. sangat berguna... hmmm bisa kah kita tawadu ??

    BalasHapus
  154. kita sering sombong tanpa kita sadari, nice share..

    BalasHapus
  155. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top