30 Oktober 2011
367 comments

Risalah Qurban

Minggu, Oktober 30, 2011
Pekan depan Idul Adha (Idul Qurban) datang. Kembali kita sambut momen mulia dalam melatih kepekaan sosial dan kasih sayang terhadap sesama manusia. Untuk me-recall motivasi kita dalam berkurban, tak ada salahnya kita sedikit me-refresh pengetahuan mengenai Qurban. Semoga sharing ini ada manfaatnya.

Ibadah Qurban disyariatkan berdasarkan dalil Al-Quran, sunah, dan ijma’. Dalil Quran menyatakan, “Maka dirikanlah shalat karena Rabb-mu dan berqurbanlah” (QS 108:2). Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat ini mengatakan bahwa “nahr” di sini adalah menyembelih qurban, yaitu menyembelih unta atau sejenisnya.

Sedangkan dalil Hadist menyebutkan, dari Aisyah ra: “Sesungguhnya Nabi SAW bersabda bahwa tidak ada suatu amal yang dikerjakan oleh anak Adam pada hari Nahr (Idul Adha) yang teramat dicintai Allah SWT melainkan mengalirkan darah dan sesungguhnya dia (binatang qurban) itu kelak di hari qiyamat sungguh akan datang dengan tanduknya, kukunya, dan rambutnya; dan sesungguhnya darah itu akan sampai kepada Allah di tempat (pemotongan) sebelum binatang itu jatuh ke tanah. Karena itu, niatkanlah dalam qurban itu dengan hati yang tulus.” (HR Ibnu Majah dan Turmudzi dan Hasan Gharib)

Hukum Qurban

Menurut pendapat jumhur, hukum Qurban adalah sunnah mu’akad. Bila dilakukan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Demikian yang dikatakan Imam Malik. Namun beliau menekankan, “Saya tidak menyukai seseorang yang kuat (sanggup) untuk membelinya (binatang qurban) namun meninggalkannya. Demikian pula Imam Syafi’i berpendapat.

Boleh berqurban untuk seluruh keluarga

Berdasarkan hadist Abu Ayyub Al-Anshary ra, disebutkan bahwa di masa Rasulullah SAW ada seseorang berqurban dengan seekor kambing untuknya dan keluarganya (HR Ibnu Majah dan At-Tirmidzi dengan sanad shahih). Demikian juga dalam riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi, mereka berpendapat bahwa seseorang boleh berqurban untuk dirinya, pengikutnya, dan keluarganya. Mereka semua mendapatkan pahala.

Sunah Qurban

Disunahkan seorang muslim untuk bersentuhan langsung dengan hewan qurbannya (menyembelih sendiri). Namun diperbolehkan untuk diwakilkan kepada orang lain dalam menyembelih qurbannya (HR At-Tirmidzi, Malik, Ibnu Majah). Disunahkan bagi keluarga yang menyembelih qurban untuk ikut memakan hewan qurban tersebut dan menghadiahkan serta bersedekah dengannya. Ini berdasarkan hadist Nabi: “Makanlah kalian, simpanlah, dan bersedekahlah (daging qurban)” (HR Bukhori). Selain itu, juga disunahkan untuk bertakbir dan mengucapkan Basmalah ketika menyembelih qurban, sesuai dengan hadist Nabi bahwa beliau menyembelih dengan tangannya dan mengucapkan Basmalah serta bertakbir (HR Bukhori)

Upah tukang potong

Tidak diperbolehkan sedikit pun mengambil bagian daging qurban sebagai upah tukang potong/ jagal. Berdasarkan keterangan dari Ali ra, dinyatakan bahwa beliau disuruh Rasulullah SAW mengurus penyembelihan unta-untanya, membagikan kulit serta dagingnya, dan beliau dilarang memberikan sesuatu pun daripadanya. Beliau menegaskan bahwa upah itu diberikan dari hartanya sendiri (HR Muttafaqalaih).



Sumber:
Panitia Qurban Masjid Ar-Roudloh
Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur


.

367 comments:

  1. menambah pengatahuan bagi sya,,terima ksih info2 bermanfaat

    BalasHapus
  2. Artikel yng sangat menarik ...
    Pngetahuan saya tentang Risalah Qurban jdi bertambah..
    Makasih infonya...
    Sngat bermanfaat sekali..!!!!!

    BalasHapus
  3. hemmm,,ya,,waktu tanpa terasa sebentar lagi idul adha,,,waktu berkurban telah datang,,,
    tapi jika tidak mampu membeli hewan kurban,,kira2 bisa diganti dengan ibadah lainnya nggak?

    BalasHapus
  4. ya alhamdulillah gak terasa idul adha bentar lagi . . kira2 apa yang kita harus kasih ke tukang potong kurban??

    BalasHapus
  5. mantap juga nie sangat menarik artikel nya gan,,,,
    dan salam kenal aja nie,,,,,

    BalasHapus
  6. kadang kurang tersentuh bahasan tentang upah tukang potong.
    trims sudah berbagi

    BalasHapus
  7. jadi seharusnya upah tukang potong di bayar siapa?...ada sebagian daerah yang memberi upah tukang potong dari daging kurban tersebut

    BalasHapus
  8. mantap juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  9. bahasan yang sangat tepat menjelang Idul adha...
    salam kenal...

    BalasHapus
  10. wah gak kerasa sebentar lagi ya idul kurban :-)

    BalasHapus
  11. artikelnya menambah pengetahuan saya....
    tidak terasa sebentar lagi idul adha

    BalasHapus
  12. lalu untuk upah pemotong kuban itu berupa apa gan??

    BalasHapus
  13. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,

    BalasHapus
  14. artikelnya bagus gan buat kita..
    qurban hukumnya wajib bagi orangf kaya

    BalasHapus
  15. terima kasih atas artikel yang dipublish, terutama mengenai upah tukang potong....

    BalasHapus
  16. Trims artikelnya sangat bermanfaat.
    Semoga amal ibadah qurban kita tahu ini diterima oleh ALLAH SWT....Amin

    Salam Kenal

    BalasHapus
  17. selamat hari raya idhul adha :)

    BalasHapus
  18. selamat hari raya idhul adha...
    smoga para jamaah haji di berikan gelar haji yang mabrur amin

    BalasHapus
  19. selamat hari raya idul adha , semoga yang berkurban tahun ini lebih dari tahun kemaren yah

    BalasHapus
  20. 2 hari lagi... nyate nih. paling enak klo kurban tu di pesantren, dagingnya banyak. soalnya dapat kiriman dari mana-mana

    BalasHapus
  21. wah tnggal sehari lagi....
    yg taun ini ikutan berkurban smoga berkah, amien :)

    BalasHapus
  22. alhamdulillah ya...
    ilmunya bermanfaat skali
    salam kenal

    BalasHapus
  23. selamat idul adha,
    selamat berkurban
    makasih infonya. bermanfaat

    BalasHapus
  24. Terimakasih atas informasi nya..
    salam kenal dan selamat merayakan hari raya idul adha..
    yang akan di sembelih segera merapat menuju barisan... :D

    BalasHapus
  25. selamat meryakan idul adha.. SAte-Sate..

    BalasHapus
  26. hari besok mari kita umat islam untuk merayakan hari raya idul adha...
    jangan lupa untuk berbagi daging kepada orang yang tidak punya..
    supaya dapet pahala dan sate nya enak.

    BalasHapus
  27. Besok tinggal lihat yang motong hewan qurban deh, hehehe :)

    BalasHapus
  28. Qurban pada hakekatnya adalah semangat kita untuk mengalahakan sifat hewaniah kita yang akan membawa kita ke neraka

    BalasHapus
  29. alhamdulilah yah kemaren sudah merayakan idul adha..
    dan sekarang masi kenyang makan daging melulu..

    BalasHapus
  30. semoga para haji yang pulang ke Indonesi bisa menjadi haji yang mabrur..

    BalasHapus
  31. idul adha sudah terlaksana,dan alhamdulillah lancar

    BalasHapus
  32. bahasan yang sangat penting untuk lebih dalam lagi mengenal syari'at islam.

    BalasHapus
  33. Seminarhotel Niederösterreich

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah idul adha berjalan lancar

    BalasHapus
  35. Trim's utk infonya, jd tmbh deh pengetahuan sy.

    BalasHapus
  36. terimakasih banyak atas inpo seputar kurban sangat bermanpaat sekali,gan kirain saya disaat kita berkurban ada yang cerita sama saya kalau yang berkurbannya itu ga boleh memakan daging kurban itu,tolong komennya......?

    BalasHapus
  37. kalo tukang jagalnya dikasaih uang itu gak apa-apa ya,??tapi mas apa hukumnya mengambil bagian uang jagal?contohnya upah memotong sapi seharga 400rb/sapi,tapi malah dikasih 200rb,

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah sudah lebaran haji...

    BalasHapus
  39. wah saking banyaknya daging kurban sampe2 bosan makan sate. . .wkwkwk

    BalasHapus
  40. infonya sangat bagus sekali, sangat ber manfaat bagi saya terimakasih dan salam kenal.

    BalasHapus
  41. bagus banget ni artikelnya menambah pengetahuan tentang risalah kurban makasih atas infonya salam kenal

    BalasHapus
  42. artikelnya bagus bgd gan...
    bermanfaat infonya!! :)

    BalasHapus
  43. artikelnya mantap menambah ilmu saya thx ya ^_^

    BalasHapus
  44. makna berkurban itu sendiri adalah membersihkan sebagian harta kita yg kita punya agar diridoi allah. ingin sekali berkurban tp egoisme dan hawa nafsu masih menyelimuti. tks share artikelnya. bagus gan. slm knl.

    BalasHapus
  45. alhandulillah,,,terimakasih atas informasinya tentang risalah Qurbannya.

    BalasHapus
  46. sbhanalloh,,, info yang sangat bermanfaat dengan info ini alahamdulilah saya mendapatkan pengetahuan tenteng risalah berkurban...salam kenal dan sukses selalu ya gan

    BalasHapus
  47. qurban uda lewat..
    qurban uda lewat..
    hore hore hore.

    BalasHapus
  48. alhmdllh nambah ilmu lg tentang risalah Qurban. .
    mksh buat infonya. . .

    BalasHapus
  49. teee sateeee hari raya qurban identik dengan tee sateee xixiix
    selamat hari raya qurban semuanya :)

    BalasHapus
  50. kurban kemarin nikmat banget..

    BalasHapus
  51. gan kapan mau bikin posting yang baru dan lebih uptodate???ditunggu ya!!!!kunjungi kami balik ya gan!!!

    BalasHapus
  52. Auto Car Dealer Software Dealer Management Software Used Car Sales Software

    BalasHapus
  53. yap.. benar-benar bermamfaat untuk menambah pengetahuan...
    nice artikel...

    BalasHapus
  54. mantap juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  55. terima kasih atas postingannya...
    nice post...

    BalasHapus
  56. artikelnya mantap menambah ilmu saya thx ya ^_^

    BalasHapus
  57. maksih ya untuk pengetahuan nya :D

    BalasHapus
  58. risalah yg sangat berguna untuk di baca :D

    BalasHapus
  59. artikel yg bermanfaat untuk kita sebagai orang islam

    BalasHapus
  60. semoga ibadah qurban kita di terima,dan hewan yang kita qurbankan menjadi tunggangan kita di akhirat nanti.

    BalasHapus
  61. pembahasan yagn sangat jels dan lengkap, makasih :D

    BalasHapus
  62. artikel yang sangat bagus,,, bermanfaat sekali.
    i like it,,,,

    saam kenal dari jepara

    BalasHapus
  63. mantab om artikelnya,
    tank's ya share nya,
    salam kenal..

    BalasHapus
  64. kalau qurban tuh paling seneng acara makannya, whehehe

    BalasHapus
  65. Yang jelas point nya adalah Hari raya Idul Qurban merupakan hari perbaikan gizi sedunia,karena pada hari itu yang kaya berbagi daging kepada yang tidak mampu,..

    BalasHapus
  66. http://www.giswa.co.cc/2010/02/exchange-link.html

    BalasHapus
  67. Well the topic you choose really unique and information is ultimate you gave us. I completely enjoyed the post and hoping more post from you soon.

    BalasHapus
  68. meskipun saya telat membasa blog anda.
    tapi Informasi yg and sampaikan sangat bermanfaat sekali,..
    salam kenal..
    sukses selalu.

    BalasHapus
  69. super banget
    hehheheee
    salam kenal yahh semua nyaaa
    hahahhahaaa

    BalasHapus
  70. Oh Alhamdulillah Gan,. Artikelnya membantu saya,. Keep Posting yah Gan,.

    BalasHapus
  71. mantap postingan nya.
    sangat menakjubkan

    BalasHapus
  72. mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  73. selamat hari raya Idul Adha mas :D, walaupun sdh lewat hihihi. lam kenal yak

    BalasHapus
  74. terimakasih atas informasinya....
    pengetahuan saya sekarang jadi bertambah. khususnya mengenai pelaksanaan qurban.....

    BalasHapus
  75. gan thank you good info on the blog and useful, hope and greetings always successful bloggers from the blog:
    sprei
    bed cover

    BalasHapus
  76. sangat bermnfaat nih certinya :D

    mksih banyak ya :D

    BalasHapus
  77. kurban kemaren ane dpt banyak daging sob..hehe

    BalasHapus
  78. info yg bgus sob
    slam knal n nitip link ny yaa

    BalasHapus
  79. nice gan, menambah pemahaman saya tentang qurban...
    slam kenal, thx...

    BalasHapus
  80. Allahu Akbar..Allahu Akbar.. semoga niat kurban kita mendapat pahala dan Ridhonya

    BalasHapus
  81. Ber kurban memang salah satu amal yang pahalanya besarrrr.thanks agan atas tambahan ilmu tentang qurban nya.

    BalasHapus
  82. kita wajib untuk berkurban karena itu sudah kewajiban..

    BalasHapus
  83. salam kenal
    kunjungan pertama

    postingannya ok punya

    BalasHapus
  84. info nya bermanfaat tambah ilmu
    ok punya
    makasih banyak

    BalasHapus
  85. berman faat korban bg yg mampu untuk fakir miskin

    BalasHapus
  86. sangat dan slalu bermanfaat itu mas hehe
    kunjungi kita Ban Terbaik di Indonesia GT Radial disni ya ,,salam kenal thanks

    BalasHapus
  87. Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
    Silahkan mampir2 juga ke Web saya: Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar.

    Salam,

    BalasHapus
  88. sipp dech,, tentunya bagi anda yang merasa sudah mmpu segeralah berqurban....

    BalasHapus
  89. info yg bagus gan
    sukses slalu di tunggu update berikutnya

    BalasHapus
  90. bagi yang telah mampu baiknya ikut Qurban

    BalasHapus
  91. artikel yang bagus gan, ane sebelumnya jarang baca2 yg seperti ini thanks

    salam kenal dari kioswebsite

    BalasHapus
  92. This is one of the most informative and well written blog. I seriously enjoyed reading it.

    BalasHapus
  93. semoga qurban tahun depansaya bisa mejalankannya :D

    BalasHapus
  94. kapan za... aku bisa berkurban..
    smoga tahun depan, salam by: mebel jepara( info@jeparafurnishing.com )

    BalasHapus
  95. sebuah qurban yang sangat ditunggu bagi kaum yg mampu dan tidak mampu.
    hidup di dunia saling melengkapi.
    by: www.galeritenuntroso.com

    BalasHapus
  96. qurrban udah lewat... moga" tahun depan bisa qurban

    BalasHapus
  97. wah ya juga kita mulai dari sekarang harus cari duit buat kurban tahun depan
    moga aja bisa
    aminn

    BalasHapus
  98. Very rare on net to find good blogs for reading your blog is really nice with good explanation of the topic.

    BalasHapus
  99. Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
    Silahkan mampir2 juga ke Web saya.

    Salam Outbound !

    BalasHapus
  100. mantap thanks bro infonya... mampir jg ke blogku ya yg page rank 24 wkwkwkw.... bangga www.blog.ophiee.com

    BalasHapus
  101. Wahh ud ga update lagi mas ? padahal ramai loh pengunjung blognya.. ayo semangattt

    BalasHapus
  102. nice post bro!!!

    salam kenal...

    BalasHapus
  103. mudahh'" bisa menambah informasi saya?

    BalasHapus
  104. Mari kita berqurban, nice post mas

    BalasHapus
  105. artikel yang menarik , pengetahuan saya tentang qurban jadi bertambah nih .
    ditunggu ya postingan terbarunya .
    sukses trus ya , happy bloging

    BalasHapus
  106. info yang sedap gan.
    salam kenal balas link saya ya

    BalasHapus
  107. good post ,
    jadi makin tambah pengetahuan tentang qurban nih .
    thanks for share .

    BalasHapus
  108. semoga tahun depan kita semua bisa berqurban

    BalasHapus
  109. artikelnya manarik banget..makasih ya :)

    BalasHapus
  110. Ibadah qurban adalah salah bukti nyata bahwa kita peduli pada orang-orang di sekitar kita terutama mereka yang hidupnya kurang beruntung.

    Nice blog :)

    BalasHapus
  111. gan..salam kenal gan..keren deh agan"an

    BalasHapus
  112. alhamdulillah saya sudah melaksanakan kurban *udunan duit kangge sapi haha

    BalasHapus
  113. Ilmu yang sangat bermanfaat gan..
    penting banget kita mengetahui sunah" berkurban seperti apa yg di tulis di atas!!
    Makasih banyak gan :)

    sukses terus ya!!

    BalasHapus
  114. Memang sudah seharus nya kita patuh menjalani ajaran ajaran beliau sebelum kiamat menjemput, Nice posting

    BalasHapus
  115. thank buat infonya, bermanfaat sekali.............. jangan lupa kunjung balik ya mas bro...........

    BalasHapus
  116. terimakasih buat infonya y gan,.,.,.,.

    BalasHapus
  117. makasih gan buat infonya,.,.
    sangat bermanfaat sekali,.,.

    BalasHapus
  118. mantabs bin ajip gan postinganya keren sekali...yah benar apa yang dikatakan mas gan dalam berkurban banyak risalah yang bermanfaat dapat kita ambil...dan keuntungan untuk bekal kita dimasa yang akan datang

    BalasHapus
  119. informasinya keren sekali nih sob ,sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  120. sangat menarik dan bermanfaat gan,,
    terimakasihh...

    BalasHapus
  121. terima kasih gan infonya,,
    menambah pengetahun saya dalam masalah Qurban.

    BalasHapus
  122. wah keren sekali mas gan postinganya sangat membantu dan sangat bemanfaat....khususnya untuk mengingatkan saudara2 muslim di dunia..

    BalasHapus
  123. Infonya menarik dan sedikitnya menambah wawasan kita

    BalasHapus
  124. It’s in point of fact a nice and useful piece of info. I’m satisfied that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  125. wah gan udah lam juga nih gak di update...

    BalasHapus
  126. thanks for share , very useful and interesting .
    jadi nambah wawasan soal berqurban nih

    BalasHapus
  127. Artikel yng sangat menarik ...
    Pngetahuan saya tentang Risalah Qurban jdi bertambah..

    BalasHapus
  128. kadang kurang tersentuh bahasan tentang upah tukang potong.

    BalasHapus
  129. mantap juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie

    BalasHapus
  130. alhamdulillah ya...
    ilmunya bermanfaat skali
    salam kenal

    BalasHapus
  131. terima kasih atas artikel yang dipublish, terutama mengenai upah tukang potong

    BalasHapus
  132. Rutinitas tahunan sebagai kewajiban umat muslim

    BalasHapus
  133. udah 2 tahun ane ga kurban, krn lg krisis.....semoga tahun ini ada rezeki yaa...amin

    BalasHapus
  134. Thank you admin, I've recently been searching for information approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far.

    BalasHapus
  135. sudah menjadi tradisi umat islam melaksanakan Qurban.makasih infonya artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk semuanya.langsung aja ke tkp gan.

    BalasHapus
  136. 2-Great site. Lots of useful info here. I’m sending it to some friends ans also sharing in delicious. And certainly, thank you for your info.

    BalasHapus
  137. informasi yg sngt mnarik skali nih gan,,,

    BalasHapus
  138. sebagai manusia yg memeluk agama islam sangat penting untuk mengetahui iformasi seperti ini...

    BalasHapus
  139. mari berqurban..... sisihkan harta untuk berqurban

    BalasHapus
  140. Good post… Just killing some time at work surfing the interweb and found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your blog to come back and see what’s new.
    bioenergoterapeuta new jersey

    BalasHapus
  141. Thanks for sharing such an interesting and informative post.
    yazili sorulari

    BalasHapus
  142. Alhamdulillah.....bisa menyadarkan kita arti penting nya ke iklasan dengan berqurban...nice article....

    BalasHapus
  143. sekarang saya tau arti berkurban itu,makasi kang info nya sekarang saya jadi paham betul tentang arti berkurban..

    BalasHapus
  144. mudah-mudahan dengan berkurban, memjadikan kita termasuk orang-orang yang ikhlas....

    BalasHapus
  145. terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat ditunggu artikel berikutnya gan thanks

    BalasHapus
  146. mantap tap tap .. di tunggu the next nyua

    BalasHapus
  147. salam kenal gan, makasih udah berbagi tentang ini

    BalasHapus
  148. semoga tahun depan saya bisa berkorban lagi. amin....

    BalasHapus
  149. semoga kita termasuk orang-orang yang dermawan dan bisa menyisihkan...

    BalasHapus
  150. I have recently been searching for information about this topic forWhen you is the best I have found so far. However, the bottom line? You are positive about the source?

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top